Tips Perawatan Rambut

Rambut bukan hanya berfungsi sebagai pelindung kepala, tapi juga memperindah penampilan secara fisik baik untuk wanita maupun pria. Rambut yang kusam dan tak terawat akan memberi kesan kumuh, urakan, menimbulkan bau tak sedap bahkan dapat mengundang penyakit. Kutu-kutu akan suka bersarang di sana, sehingga tak hanya merusak rambut, tapi juga kulit kepala. Tentunya hal ini membuat kita merasa tak nyaman.

Ada beberapa tips perawatan yang akan membuat rambut anda lebih baik :
  1. Jaga kebersihan rambut dengan mencucinya atau keramas secara teratur, apabila aktifitas anda banyak mengeluarkan keringat dan rambut cenderung berminyak, sebaiknya keramas setiap hari, agar kebersihan kulit kepala tetap terjaga dan kulit kepala bisa bernfas, Karena rambut yang tertutup akan membuat minyak serta kotoran menumpuk pada akar rambut sehingga kulit tidak bisa bernapas.

  2. Pakai Shampoo secukupnya, Menggunakan shampoo terlalu banyak adalah kesalahan yang sering dilakukan. Keramaslah dua kali hanya bila rambut Anda benar-benar kotor. Gunakan air hangat saat mencuci rambut dan bilas dengan air dingin, hal tersebut akan melapisi partikel rambut dan memberi kelembaban alami rambut.

  3. Jangan menggaruk kulit kepala pada saat keramas dengan kuku karena akan membuat kulit kepala kering bahkan luka, tapi pijatlah kepala dengan ujung jari-jari agar aliran darah dikepala lancar.

  4. Usahakan untuk mengurangi penggunaan hair dryer agar rambut tidak selalu kering, tetapi jika memang Anda terburu-buru dan harus memakai pengering rambut, jaga jarak antara hair dryer-nya supaya tidak terlalu dekat pada rambut dan gunakan panas minimum karena suhu yang terlalu panas akan menyebabkan rambut kita mudah menjadi kering, pecah-pecah dan kusam.

  5. Guntinglah ujung rambut yang rusak, pecah-pecah atau kering secara teratur 6 atau 8 minggu sekali untuk membuat rambut lebih segar.

  6. Gunakan sisir bergigi jarang daripada sisir yang biasa untuk menghindari kerontokan dan kerusakan rambut. Sikat rambut terbaik adalah yang terbuat dari bahan alami seperti tanduk kerbau. Sisirlah rambut Anda dengan lembut karena menyisir dengan terlalu kuat hanya akan meningkatkan produksi minyak daripada melancarkan peredaran darah.

  7. Untuk menghindari rambut kusut yang sangat menjengkelkan, gunakan conditioner ke semua sela-sela rambut dengan jari-jari tangan atau menggunakan sisir yang bergigi lebar selama tiga menit dan kemudian bilas rambut. Jika rambut Anda panjang, gunakan conditioner dengan tingkat kelembaban yang normal secara teratur minimal 2 hari sekali, karena kandungan nutrisi dan kelembaban dalam conditioner akan memberikan pelayanan maksimal sampai ke ujung rambut anda.

  8. Rambut yang diwarnai membutuhkan perhatian ekstra. Gunakan masker rambut lebih sering dan hindari cahaya matahari langsung mengenai rambut Anda, karena hal ini dapat menyebabkan warna rambut berubah dan membuat rambut lambat laun menjadi kering.

  9. Buatlah masker rambut Anda sendiri - campurkan satu sendok acar apel dengan dua sendok minyak zaitun atau olive oil, balurkan pada rambut Anda. Biarkan hingga 15-20 menit. Perawatan ini menjadikan rambut Anda lembut dan berkilau.

  10. Olahraga teratur dan tidur yang cukup akan meningkatkan kesehatan rambut Anda, sama pentingnya dengan mengkonsumsi protein, buah segar dan sayur-sayuran, kacang-kacangan karena dapat membuat rambut menjadi sehat dan berkilau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar